Powered By Blogger

Profile

Foto saya
Just the notes to make my mind development as a journal.

Kesesatan Statistik

| Selasa, 21 Juni 2011 | |

- Dialog: Tidak semua laki-laki -
Mila: Memang semua laki-laki buaya! Andri: Enak aja, aku laki-laki. Kalau semua laki-laki buaya, kenapa kamu curhat denganku? Mila: Iya, maksudku semua laki-laki selain kamu. Andri: Semua laki-laki selain aku? Bagaimana dengan papamu? Mila: Iya, selain kamu dan papaku. Andri: Kakakmu? Mila: Iya, dia juga tidak. Andri: Pak Burhan? Mila: Iyaaa iyaaa, cuma Jono yang buayaaaaa! Puass?

Ingatkah kamu dengan satu atau dua pembicaraan dengan temanmu yang mirip dengan situasi di atas?
Mila, karena disakiti oleh satu orang, yaitu Jono, akhirnya menyimpulkan bahwa semua laki-laki memiliki sifat seperti Jono. Ini adalah kesalahan Mila yang pertama. Jono hanyalah satu orang dari trilyunan laki-laki yang pernah hidup di muka bumi. Hanya dengan mengetahui sifat satu orang, kita tidak bisa menyimpulkan sifat trilyunan orang lainnya. Mengapa Mila mudah sekali menyimpulkan seperti itu? Karena Mila sedang sakit hati sehingga tidak dapat berpikir jernih.
Karena itu sahabatnya, Bomi, berusaha menyadarkannya dengan membuktikan bahwa hal itu salah (seorang sahabat yang baik akan mampu berpikir jernih ketika kamu tidak mampu, tidak akan tenggelam bersamamu). Dalam sekejap Mila disadarkan bahwa ia salah. Tetapi ia tidak langsung mengakuinya. Ia berusaha membuat dirinya tampak benar dengan mengungkapkan hal itu sebagai kasus pengecualian. Tetapi sayang, kasus pengecualiannya menjadi sangat banyak! Akhirnya Mila harus dengan enggan mengakui bahwa ia mengambil kesimpulan itu hanya karena rasa sakit hatinya terhadap Jono.
Nah, ada banyak sekali kesalahan-kesalahan umum yang kita buat sehari-hari, seperti yang dibuat Mila. Kadang-kadang kesalahan itu hanya akan membuatmu malu atau merasa lucu di antara teman-temanmu. Tetapi di saat yang lain bisa sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kerusuhan massa yang membinasakan ribuan orang, atau bahkan perang dunia. Karena itu, sebaiknya kamu mengenali kesalahan-kesalahan umum yang sudah dicatat dan diberi nama ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar anda melalui akun google...
Kalau belum punya, silahkan buat dulu...