Powered By Blogger

Profile

Foto saya
Just the notes to make my mind development as a journal.

Poisoning the well

| Selasa, 21 Juni 2011 | |

But words are things, and a small drop of ink, Falling like dew upon a thought, produces That which makes thousands, perhaps millions, think.
- Lord Byron (1788 - 1824)
Posoning the well atau meracuni sumur adalah istilah untuk kesesatan berbentuk:
Bentuk
Pernyataan P menjatuhkan x ∴ Semua perkataan x salah
Biasanya dikatakan kepada banyak orang, agar mereka punya asumsi negatif terhadap orang/kelompok tertentu.
Contoh:
Suatu hari ada kampanye calon ketua OSIS. Aming di akhir kampanyenya mengatakan,
Aming
Sebelum saya persilahkan calon berikutnya, yaitu Bomi, saya ingatkan pada kalian semua, bahwa acara tahun lalu gagal karena dia.
Maka semua program yang dibicarakan Bomi tidak ditanggapi dengan baik oleh pendengar.
Berhati-hatilah ketika curhat. Mengapa? Karena ketika kamu curhat dengan si A mengenai si B, kamu punya asumsi tertentu tentang si B, bukan? Sehingga si A yang mendengarkan kamu akan punya asumsi yang belum tentu benar terhadap B.
Enjel
Mami, saya sebel sama guru saya. Masak nilai saya jelek terus sama dia. Sudah gitu waktu saya protes saya malah dimarahi.
Mami
Apa? Guru macam apa itu! Besok mami ke sekolah.
Sekarang maminya Enjel punya pandangan negatif terhadap guru itu. Padahal, mungkin guru itu juga curhat dengan guru lain seperti ini:
Guru itu
Si Enjel ini gimana ya, kok nilainya jelek terus. Padahal sudah dikasih nilai tambahan banyak sekali.
Guru lain
Dia yang itu protes nilai itu ya?
Guru itu
Iya, dia protesnya ga sopan sih. Jadi saya marahi.
Jadi berhati-hatilah ketika curhat dengan orang lain. Pastikan ia cukup bijaksana sehingga tidak terpengaruh oleh asumsi kamu. Kalau kamu jadi orang yang “dicurhati”, lebih baik tetap berpikiran netral, dan kalau bisa coba dengar kisah dari kedua belah pihak.

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar anda melalui akun google...
Kalau belum punya, silahkan buat dulu...