Powered By Blogger

Profile

Foto saya
Just the notes to make my mind development as a journal.

Kekuatan Judul

| Rabu, 05 Januari 2011 | |
Sobat PAI. Community,
Apakah judul tulisan anda masih sontoloyo? Tidak merangsang? Tidak seksi? Ah…. bangkit bro bangkit! Tinggalkan judul tulisan gaya lama. Ini sudah ada jimatnya.
Karena sebelumnya anda telah membaca bagaimana Cara Agar Judul Postingan Anda Nongkrong Cantik di Halaman Google, maka sekarang tiba giliran anda untuk mencek, sejauh mana kekuatan judul postingan anda. Sebenarnya ini adalah rahasia yang saya gunakan untuk blog ini, yang artinya anda tidak boleh mencurinya. Tapi karena saya takut akan dianggap pelit, maka saya akan tetap membagikannya. Dengan syarat tentu anda mau berjanji. …………… sering-sering ke sini ya…. Berapa pun banyak judul yang anda buat, bagi saya semuanya bisa dikelompokkan menjadi 2 bagian secara kasar. Dan keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Judul Buka-bukaan:
Yang ingin mengkhayal dengan istilah buka-bukaan ini silahkan. Tapi yang saya maksudkan adalah judul yang sangat jelas dan terang maknanya. Sebagai contoh misalnya anda membuat judul postingan seperti ini:
  • Cara Membuat Tampilan Header Semakin Menarik
  • Cara agar Pengunjung Melimpah ke Blog Anda
  • Cara Membuat Puisi yang Bisa Membuat Penunjung Menangis
  • Cara Mudah Mendaki Gunung dengan Software Gratisan
Contoh itu bisa anda perpanjang. Tapi intinya adalah apa yang dimaksudkan oleh semua judul itu sudah jelas. Tidak ada rasa penasaran bagi pengunung. Mereka sudah tahu bahwa judul itu adalah tutorial tentang cara melakukan sesuatu.
Kekuatan:
Judul postingan seperti ini sangat bagus digunakan untuk membidik pengunjung di halaman pencari. Karena pengunjung tidak mungkin mencari judul yang tidak jelas di sana. Sebagai contoh, misalnya di halaman google anda melilhat judul seperti ini: “Blogger Harus Tahu Ini!” Anda bingung apa yang dimaksud oleh judul ini. Yang anda cari adalah cara-cara mendatangkan pengunjung. Karena judul itu tidak “terbuka” maknanya maka anda tidak akan mengklik. Padahal isinya juga sama. Nah, itulah keuntungan dari judul “buka-bukaan”: maknanya sangat jelas dan pengunjung tidak akan ragu karena memang itulah topik yang dicarinya.
Kelemahan:
Jika judul buka-bukaan ini dilihat pengunjung dalam sitemap blog anda (dalam arsip, label, daftar isi dan seterusnya), maka judul seperti ini tidak akan menimbulkan rasa pensaran. Misalnya judul postingan anda adalah: “Dengan Melakukan Blogwalikng Maka Pengunjung Blog Anda akan Meningkat.” Nah, apalagi yang perlu anda ketahui dari judul postingan ini? Judul ini sudah menjawab sendiri apa yang ingin anda ketahui. Apalagi jika anda sudah sering melakukan blogwalking, maka anda tidak akan tertarik untuk mengkliknya. Mungkin anda akan berguman sendiri seperti ini: “O gitu toh. Ya sudah, aku akan sering-sering blogwalking. Okey.”

Judul Seksi:
Nah ini kebalikan dari judul buka-bukaan. Yang namanya seksi tentu anda sudah tahu, karena anda memang suka mengintip. Anda mengintip tentu karena penasaran seperti apa persisnya sesuatu yang tidak jelas itu. Itulah yang dimaksud dengan judul seksi: yaitu judul yang maknanya tersembunyi. Contohnya adalah:
  • Seorang Blogger Wajib Tahu yang Ini!
  • Goblok Jika Anda Belum Tahu yang Satu Ini
Kelebihan:
Apa pengaruhnya jika anda melihat judul seperti ini di suatu blolg? Mungkin adrenalin anda akan naik. Anda penasaran. Karena pensaran anda ingin tahu, walaupun sebelumnya anda mampir ke blog itu hanya untuk mencari tutorial tentang cara membuat readmore. Tapi judul itu telah menohok anda. Walaupun anda merasa marah, tapi anda harus menghabisi rasa penasaran anda dengan mengkliknya.
Ini termasuk cara yang kuat untuk meningkatkan page view blog anda. Karena itu sehubungan dengan ini, jika angka page view blog anda rendah, maka ini bisa menjadi salah satu penyebanya: Judul postingan anda tidak “seksi”.
Kelemahan:
Kelemahan judul ini kebalikan dari judul buka-bukaan. Judul ini kurang kuat untuk muncul di halaman pencari. Disamping tipis kemungkinan pengunjung akan mengetikkan kata kunci dengan judul ini, jika muncul di halaman pencari pun, peluang klik pengunjung juga rendah.

Kesimpulan ..
Ssst … Inilah rahasia saya untuk blog ini,
Gunakanlah judul buka-bukaan untuk menjemput pengunjung di halaman pencari. Dan gunakan judul-judul seksi untuk membujuknya agar tetap main-main di blog anda. Dan ketahuilah, judul seksi ini mirip dengan “situs porno”. Meskipun hari ini mereka sudah membuka dan menontonnya, tapi esoknya mereka tetap penasaran dan ingin melihat kembali adegan-adegan lainnya. Maksudnya ingin melihat apa isi dari judul-judul seksi lainnya yang ada di blog anda.
Apakah masih ada rahasia lain mas?
Ada, tapi jatah space untuk halaman ini sudah habis…

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar anda melalui akun google...
Kalau belum punya, silahkan buat dulu...